Dimanapun dan bagaimanapun cara Anda untuk menjadi lebih bugar, latihan yang Anda lakukan tidak hanya dirancang untuk membantu terlihat lebih baik. Setiap gerakan memiliki tujuan dan melatih otot atau kelompok otot tertentu. Menjadikannya lebih efisien dan mendapatkan hasil maksimal dari latihan yang Anda lakukan, serta menghindari cedera, semua bermuara pada posisi dan teknik yang benar.

MIRROR MIRROR, ON THE WALL

Lihatlah diri Anda di cermin saat berolahraga. Pastikan berat badan Anda sudah seimbang dengan tepat dan tidak berat sebelah, kemudian sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, ketika melakukan squat, Pastikan lutut Anda tidak bergerak terlalu jauh ke depan; Anda masih harus bisa melihat kaki Anda.

PERHATIKAN & BELAJAR

Sebelum melakukan gerakannya, penting untuk mengetahui apa jenis latihan yang seharusnya terlihat seperti sehingga Anda dapat meniru teknik yang tepat. Anda dapat menyewa jasa seorang pelatih kebugaran atau melihat video latihan Samantha Clayton di www.youtube.com/Herbalife

TIDAK TERLALU BERAT

Jangan merasa tertekan untuk dapat mengangkat beban yang sangat berat. Jika Anda dapat mengangkat/memindahkan beban yang ringan, bergeraklah pelan dan pertahankan posisi yang baik, maka kemungkinan itu adalah beban yang tepat bagi Anda. Jika Anda merasa perlu untuk menahan nafas, Anda mungkin perlu untuk sedikit membungkuk. Kuasai pola gerakan sebelum Anda mengangkat beban.

LAKUKAN PERLAHAN

Terlalu bersemangat untuk meraih hasil maksimal biasanya adalah perangkap mudah untuk jatuh. Ingat, beban lebih berat atau repetisi yang lebih cepat tidak selalu lebih baik. Dorong diri Anda selama latihan, namun dengarkan tubuh Anda dan tahu kapan harus memperlambat. Cobalah untuk mempertahankan intensitas set selama beberapa minggu dan ketika mulai terasa nyaman, saatnya naik ke tingkat berikutnya. Melakukan terlalu banyak dan terlalu cepat akan mendorong kebiasaan buruk dan posisi gerakan yang salah.
Gerakan adalah sesuatu yang dirancang oleh kita secara alami untuk dilakukan, sehingga semua gerakan harus terasa nyaman. Bersenang-senanglah dan pastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari setiap sesi yang dilakukan.

Ditulis oleh Samantha Clayton, Senior Director, Worldwide Fitness Education, seorang mantan sprinter kompetitif, bersertifikat AFAA dan ISSA Fitness Education. Samantha adalah seorang trainer, meraih gelar dalam kimia terapan dan seorang ibu yang bangga atas keempat anaknya.